Minggu, 27 November 2011


DUNIA. Kondisi perekonomian global yang didera krisis utang yang mengancam Amerika Serikat dan negara-negara Eropa memicu pelaku pasar memilih ramai-ramai melepas saham. Hal itu, mendorong bursa saham global maupun regional terguncang sepanjang Perdagangan  Akhir  Pecan lalu. Pada perdagangan Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari waktu Indonesia, indeks  Dow Jones ditutup terkoreksi hingga 512,46 poin atau 4,31 persen ke level 11.383,98. Indeks  standard & Poor's 500 melemah 60,21 poin (4,78 persen) ke level 1.200,07, dan Nasdaq turun 136,68 atau 5,08% ke level 2.556,39.

Penurunan tersebut, merambah bursa saham Asia di transaksi Jumat 5 Agustus 2011. Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia ditutup terkoreksi 200,44 poin atau 4,86 persen ke level 3.921,64. Indeks Hang Seng terpangkas 938,60 poin (4,29 persen) menjadi 20.946,14 dan Nikkei 225 melemah 359,30 poin atau 3,72 persen di posisi 9.299,88.
Namun, Associated Press melansir, pada perdagangan Jumat lalu atau Sabtu dini hari waktu Indonesia, pasar saham AS membaik. Dow Jones Industrial Average menguat 60,93 poin (0,54 persen) ke level 11.444,61. Sedangkan pelemahan Nasdaq Composite Index dan S&P 500 mereda, karena masing-masing hanya turun di bawah satu persen dari transaksi sebelumnya lima persen.

Ron Florance, ahli strategi investasi di Bank Wells Fargo Private mengatakan, aksi para investor yang membeli kembali sejumlah saham setelah sebelumnya terkoreksi tajam membuat situasi menjadi berbalik. Membaiknya bursa saham AS tersebut, menurut Steve Susanto, pengamat pasar Modal PT UOB Kay Hian Securities, akan memicu bursa saham domestik bergairah kembali pada perdagangan Senin 8 Agustus 2011. Sebab, selain tekanan di bursa acuan dunia mereda, manajer investasi asing dan investor lokal akan memanfaatkan jatuhnya harga saham akhir pekan lalu untuk membeli...
baca selengkapnya..

Kuala Lumpur. NOTA kesepahaman (MoU) tenaga kerja Indonesia (TKI) antara pemerintah Indonesia an Malaysia masih belum juga terwujud. Padahal, menurut letter ofintent yang ditandatangani di Putrajaya, Malay sia, Mei lalu, MoU seharusnya-selesai dalam kurun waktu dua bulan.
Itu terungkap lewat penuturan Duta Besar RI untuk Malaysia Dai Bachtiar di sela diskusi Optimalisasi Hubungan Indonesia-Malaysia di Jakarta, kemarin. Pemerintah Indonesia, menurut Dai, berprinsip harus ada jaminan bahwa gaji TKI tidak banyak dipotong pihak mana pun, baik oleh perusahaan atau agensi tenaga kerja. "Maksimum (potongan) itu RM1.800 saja yang dibebankan kepada tenaga kerja. Selebihnya menjadi tanggungan majikan untuk membayar kepada pihak perusahaan," papar Dai. Dia mengaku pemerintah Malaysia sudah sependapat, tapi MoU masih terganjal faktor redaksional.
Indonesia saat ini masih memberlakukan moratorium pengiriman TKI ke Malaysia sejak 26 Juni 2010. Namun, menurut data yang didapatkan KBRI dari imigrasi Malaysia, negara tersebut telah memberi izin kerja kepada lebih dari 5.000 TKI tanpa terdaftar di KBRI. Artinya, moratorium itu tidak benar-benar berlangsung.   selangkapnya..
Pengetahuan. Pengenalan Pedagogi, pedagogi bersal dari perkataan latin yang bermaksud kaedah mengajar kanak-kanak. Namun begitu, seiring dengan peredaran masa dan pemantapan bidang pendidikan, konsep pedagogi telah berkembang dan digunakan dalam konteks pengejaran di semua peringkat sekolah hingga keperingagt universiti. Shafritz (1997) mendefinisikan pedagogi sebagai prisnsip dan kaedah pengajaran. Takrifan ini agak ringas tetapi tepat. Sebenarnya,  huraian tentang pedagogi adalah sangat luas kerana prinsip dan kaedah dalam pengajaran meliputi pelbagai aspek yang berkaitan dengan penyampaian ilmu kepada pelajar. Pedagogi juga diertikan sebagai kemahiran mengajar yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan pengetahuan yang khusus dalam suatu bidang(National Board for Professional Teaching  Standards, 1998). Bahan ini dalam laporannya menyatakan bahawa guru yang berkesan menggunakan pelbagai kemahiran dan kebolehan untuk mewujudkan suatu persekitaran pembelajaran yang konndusif supaya pelajar berasa selesa dan Berjaya dalam pelajaran, serta berupyaa menangani masalah peribadi mereka. Oleh yang demikian, guru perlu memiliki ilmu pedagogi  selanjutnya

Keajabian lebah. Di antara tanda-tanda kebesaran Allah ialah lebah. Lebah merupakan binatang yang pintar dan pandai beradaptasi serta memiliki insting yang tajam dalam mencium di mana tempat sari bunga. Lebah merupakan simbol muslim yang sejati yang disebut-sebut dalam Al-Quran. Filsafat kehidupan lebah selalu mengkonsumsi yang baik-baik dan menghasilkan yang bermamfaat.

Info pengetahuan. Suatu kajian dijalankan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perkhawinan lewat di kalangan wanita Malaysia. Subjek kajian terdiri dari 160 sampel yang diklasifikasikan kepada dua kategori sampel  mereka yang berkahwin awal 80 sampel dan  80 sampel lainya wanita yang terlambat menikah. Kajian tersebut menggunakan empat jenis alat ukur pentadibran kajian menggunakan The Statisfaction with Life Scale  untuk kepusasan hidup, Culture-free  self-esteem dan untuk dewasa (From AD) menguji penghargaan  kendiri Multidimensional Scala of  Perecieved Social support untuk  sokongan sosial dan rasa tanggung jawab keluarga... selangkapnya   

Wawasan Islam. Mengenal personaliti munafiq, Penjelasan berikut ini menguraikan erti kemunafikan secra universal dan cuba untuk memberikan pemahaman kepada yang belum mengetahui hakikat kemunafikan secara mendasar. Perlu dikenal pasti bahwa kemunafikan itu tidaklah sesempit yang pernah dibayangkan oleh kebayakan orang tetapi mencakupi tiga elemen penting. Hakikat keimanan meliputi hati, ucapan dan perbuatan. Apabila ketiga ini berjalan tidak seiring maka itulah kemunafikan bukannya keimanan. Walaupun kemunafikan memiliki bermacam-macam jenis namun ia tidak terlepas dari tiga unsur di atas. Lebih jelasnya kita akan menghuraikannya secara lebih luas agar mudah difahami. Bagaimanakah orang itu dikatakan munafiq dan apa cirri-cirinya? baca kelanjutannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar